cara membaca resep kacamata dari dokter dan optik

– Ketika Anda merasa ada perubahan pada penglihatan Anda, seperti penglihatan yang agak kabur dan Anda kurang bisa melihat jarak jauh, ini bisa jadi pertanda bahwa penglihatan Anda sudah menurun. Gangguan penglihatan ini membuat Anda ingin memakai kacamata. Sebelum membeli kacamata, mata Anda akan dicek agar kacamata yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan mata Anda.

Namun, apakah Anda mengerti cara membaca resep kacamata?

Cara membaca resep kacamata dokter

Ada berbagai gangguan penglihatan, Gangguan mata yang memiliki kelebihan, seperti -1, +2, -2.5, dan lainnya. Anda dapat menemukannya di resep kacamata Anda. Namun yang menjadi permasalahan adalah saat membaca resep kacamata biasanya anda bingung apa artinya, karena banyak singkatan dan angka pada tabel resep tersebut. Untuk itu sebaiknya perhatikan dulu resep mata kanan dan mata kiri yang mana.

OD

singkatan dari Oculus Dextra yang merupakan istilah latin untuk mata kanan. Ini sama dengan R, yang berarti Kanan (kanan dalam bahasa Inggris). Sedangkan OS adalah singkatan dari Oculus Sinistra yang merupakan istilah latin untuk mata kiri. Dan, ini sama dengan L untuk Kiri (kiri). Terkadang, Anda juga dapat menemukan tulisan OU, yang merupakan singkatan dari Oculus Uterque dan berarti kedua mata.

Setelah Anda mengetahui resep mata kiri dan kanan yang mana, selanjutnya Anda bisa melanjutkan ke kolom tabel berikutnya. Di sana, Anda akan menemukan kata-kata SPH, CYL, AXIS, ADD, dan PRISM. Apa itu?

SPH

Itu singkatan dari “sphere”. Ini menunjukkan besarnya daya lensa yang dibutuhkan oleh mata Anda, bisa lensa plus atau lensa minus. Jika bilangan yang tertulis di kolom tersebut bertanda minus (-), artinya Anda rabun jauh. Jika bilangan yang tertulis di kolom tersebut diikuti dengan tanda plus (+), artinya Anda rabun jauh. Semakin besar angka yang Anda tulis (terlepas dari tanda minus atau plusnya), semakin tebal lensa yang dibutuhkan mata Anda.

CYL

Itu singkatan dari “silinder”. Ini menunjukkan apakah Anda memiliki mata silinder atau tidak, beserta besarnya daya lensa untuk silinder tersebut. Jika tidak ada angka yang tertulis di kolom ini, Jika angka pada kolom ini ditulis diikuti dengan tanda minus (-), artinya daya lensa untuk silinder rabun jauh. Dan bila angka tersebut diikuti tanda plus (+) artinya untuk silinder berpandangan jauh.

cara membaca resep kacamata dari optic

Umumnya resep dokter untuk kacamata ditulis dalam bentuk tabel. Tabel resep dapat membaca OD atau R (mata kanan), OS atau L (mata kiri), SPH atau bola (kekuatan lensa), CYL (silinder), AXIS (putaran lensa silinder), ADD (kekuatan lensa tambahan untuk kebutuhan membaca) , Prism & base (prisma jika mata tidak sejajar dan rotasi prisma), PD (jarak pupil), dibantu VA (penglihatan / penglihatan tajam), dll. Bentuk resep kacamata bisa berbeda di tiap fasilitas kesehatan, namun pada intinya artinya sama.

Untuk membaca resepnya, ada baiknya membacanya langsung agar tidak salah persepsi terhadap deskripsi yang Anda tulis. Sebaiknya bawa resep tersebut ke ahli kacamata terdekat agar bisa dibaca langsung oleh ahli kacamata yang bertugas. Anda bisa menanyakan lebih detail kepada ahli kacamata secara langsung arti dari resep kacamata Anda.Demikian ulasan tentang cara membaca resep kacamata dari dokter dan optik anda,semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *